GEBYAR EKSKUL KE-13 SMPN 8 KOTA TANGERANG SELATAN BERLANGSUNG MERIAH

Superadmin · 08 March 2018 · Berita

TANGSEL -- Kegiatan Gebyar Ekskul kembali diselenggarakan di SMP Negeri 8 Kota Tangerang Selatan. Kegiatan tersebut merupakan agenda rutin tahunan yang diadakan oleh OSIS di sekolah yang berlokasi di Kompleks Perumahan Puspiptek Kecamatan Setu Kota Tangerang Selatan itu. Tema yang diusung berbeda pada setiap tahunnya. Adapun tema pada tahun 2018 ini adalah "Retrograde Journey", yang bermakna kembali ke masa lalu dengan menghidupkan lagi permainan tradisional. Hal inilah yang membedakan Gebyar Ekskul pada tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya.

 

Kepala Dinas Pendidikan Tangsel berfoto bersama dengan guru-guru SMPN 8 Tangsel

Kepala Dinas Pendidikan Tangsel berfoto bersama dengan guru-guru SMPN 8 Tangsel

Rangkaian prakegiatan diselenggarakan dari tanggal 10-17 Februari 2018, berupa pertandingan beberapa ekskul, seperti: futsal, panahan, bulutangkis, karate, dan taekwondo. Sedangkan acara inti dilaksanakan selama tiga hari, dari hari Selasa (20/2) sampai dengan Kamis (22/2).

Dalam sambutannya pada saat acara pembukaan sekaligus membuka secara resmi, Kepala SMPN 8 Kota Tangerang Selatan Dra. Hj. Endang Koeswarini, M.M. mengatakan bahwa, kegiatan Gebyar Ekskul merupakan kegiatan besar sebagai ajang unjuk kemampuan semua ekskul yang ada di sekolah yang dipimpinnya. "Semua ekskul akan dilombakan untuk mencari bibit-bibit terbaik yang akan diikutsertakan pada ajang-ajang perlombaan atau pertandingan, baik tingkat Gugus, tingkat Kota Tangsel, tingkat Provinsi, maupun tingkat Nasional. Untuk itu, mohon kepada seluruh siswa peserta ekskul agar mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya," himbaunya.

Sementara itu, Ketua Komite Sekolah Mayor Bambang Joko menegaskan bahwa, pihaknya atas nama perwakilan orang tua siswa mendukung kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan tersebut bagus dan patut dipertahankan. "Saya merasa senang dan bangga dengan kegiatan yang sangat positif ini. Oleh karena itu, silakan dilanjutkan dan dikembangkan," ujarnya bersemangat pada saat memberikan sambutan yang diikuti tepuk tangan hadirin.

Acara pembukaan dimeriahkan dengan penampilan beberapa ekskul, yakni: Paduan Suara, Marching Band, Paskibra, Tari, PMR, dan Pramuka, yang dipandu oleh Ketua OSIS. Hadirin terpukau menyaksikan atraksi para siswa peserta ekskul-ekskul tersebut. Penampilan Marching Band tampak meriah dengan kostum warna-warni. Disusul penampilan Paskibra yang terlihat kompak dan bersemangat. Selanjutnya, penampilan sekelompok penari yang membawakan Tari Anggrek van Doughlas yang menjadi tarian khas Kota Tangerang Selatan. Kemudian, penampilan Pramuka dan PMR.

Kepalas Sekolah dan Komite berfoto bersama dengan Penari Anggrek van Doughlas

Kepala Sekolah dan Komite Sekolah berfoto bersama dengan penari Tari Anggrek van Doughlas

Setelah acara pembukaan, dilanjutkan dengan perlombaan Story Telling dan Tari Kreasi. Para peserta sangat antusias mengikutinya. Begitupun siswa/siswi yang menyaksikan, mereka juga antusias memberikan dukungan bagi teman-temannya yang menjadi peserta lomba. Yang bertugas sebagai Dewan Juri adalah guru-guru di intern sekolah tersebut.

Kegiatan di hari kedua adalah perlombaan/pertandingan, Atletik, Melukis, Jurnalistik, Roket Air, dan Solo Vokal. Dilanjutkan dengan perlombaan beberapa permainan tradisional, di antaranya Gobak sodor yang juga diikuti oleh bapak dan ibu guru. Dimeriahkan juga dengan Talkshow dengan bintang tamu Rintik Sendu dan tim, penulis novel genre remaja, dipandu oleh Panitia dari OSIS. Para siswa sebagai audiens terlihat senang mendapatkan wawasan baru tentang penulisan dari penulis-penulis muda  tersebut.

Pada hari ketiga, berlangsung lomba Band dan Final Solo Vokal, dilanjutkan pembagian hadiah bagi para pemenang semua mata lomba. Kemudian, acara penutupan yang diisi dengan penampilan band yang diawaki oleh bapak-bapak guru dengan vokalis beberapa ibu guru. Kontan saja penampilan mereka cukup menghibur hadirin, sebab hal ini merupakan sesuatu yang jarang terjadi, mengingat setiap hari guru-guru disibukkan dengan tugas utamanya mengajar.

Final lomba band

Siswa mengikuti final lomba band

Kegiatan Gebyar Ekskul ditutup dengan pengarahan dari Pengawas Sekolah R.r Susiwi, M.Pd, yang mengharapkan agar kegiatan tersebut memotivasi siswa dan dapat meningkatkan kreativitas dan sportivitas serta dapat mengembangkan bakat yang dimiliki siswa.

Pengawas Gugus 05 Tangsel, R.r Susiwi, M.Pd memberikan arahan di GX-13

Pengawas Gugus 05 Tangsel, R.r Susiwi, M.Pd memberikan arahan di GX-13

"Kembangkan terus bakat dan potensi yang kalian miliki, sehingga dapat mengangkat nama baik kalian dan pada akhirnya akan mengangkat nama baik sekolah," pungkasnya.(Hd)

Read 158 times
Rates
(0 Vote)

Beri Komentar

Kode Keamanan *
Click to reload image