SMPN 8 KOTA TANGERANG SELATAN ADAKAN RANGKAIAN KEGIATAN DALAM RANGKA HUT KE-73 RI

Superadmin · 23 August 2018 · Berita

SETU–Seperti tahun-tahun sebelumnya, SMP Negeri 8 Kota Tangerang Selatan mengadakan serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia. Adapun pada tahun ini, kegiatan diadakan dalam rangka memperingati HUT ke-73 RI, tanggal 17 Agustus 2018. Kegiatan diawali dengan upacara bendera yang berlangsung secara khidmat. Bertindak sebagai Pembina Upacara adalah salah seorang guru, yakni Nawawi, S.Ag, mewakili Kepala Sekolah yang sedang mengikuti kegiatan serupa di Lapangan Cilenggang, Serpong, Tangerang Selatan.

 

Dalam amanatnya, Pak Nawawi menceritakan secara singkat perjuangan para pejuang melawan penjajah. “Tidak sedikit pejuang kita yang gugur demi memperjuangkan kemerdekaan negara kita. Mereka gugur sebagai syuhada,” ujar guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tersebut.

Lebih lanjut Pak Nawawi menjelaskan, “Tugas kalian sebagai generasi muda meneruskan perjuangan para syuhada sesuai dengan apa yang bisa kalian lakukan. Kalian sebagai pelajar adalah dengan meningkatkan belajar. Mengapa? Karena dengan belajar akan menjadikan kalian sebagai generasi pintar yang akan memajukan negara ini. Maju dan mundurnya negara ini tergantung kalian.”

Setelah upacara bendera, kegiatan dilanjutkan dengan beragam perlombaan yang diikuti seluruh siswa. Lomba-lomba tersebut meliputi: Lomba Makan Kerupuk, Lomba Bakiak, Lomba Balap Karung, Lomba Memasukkan Paku ke Dalam Botol, Lomba Poster, dan Lomba Mini Soccer. Kegiatan lomba dibuka oleh Kepala Sekolah Dra. Hj. Endang Koeswarini, MM, seusai menghadiri upacara di Cilenggang.

Pada sambutan pembukaan lomba, Bu Rini --sapaan Kepsek-- mengatakan bahwa kegiatan ini semata-mata adalah wujud rasa syukur kita atas kemerdekaan yang telah kita raih. “Kegiatan perlombaan ini hanya bersenang-senang saja, bukan kompetisi yang serius. Namun, kalian harus tetap menanamkan sikap disiplin, tertib, menjaga solidaritas dan menjunjung tinggi sportivitas. Karena sikap-sikap itulah yang akan membentuk karakter dan kepribadian kalian sebagai generasi muda bangsa,” lanjutnya.

Kegiatan perlombaan dibuka dengan tendangan bola oleh Bu Rini. Selanjutnya, para siswa mengikuti kegiatan dengan senang dan mengikuti arahan kepsek. Tampak perasaan ceria pada wajah-wajah mereka. Sejenak mereka merasakan kebebasan dari rutinitas kegiatan belajar-mengajar yang selama ini mereka lakukan di dalam kelas. Adapun hasil keseluruhan lomba telah disampaikan pada saat upacara bendera hari Senin (20/8).■ Hd

Read 99 times
Rates
(0 Vote)

Beri Komentar

Kode Keamanan *
Click to reload image